TRANSMISI MANUAL

TRANSMISI MANUAL

Uraian :
Pada saat kendaraan mulai berjalan atau menanjak, memerlukan moment yang besar untuk itu dibutuhkan beberapa bentuk mekanisme perubah moment.
Pada saat kendaraan berjalan pada kecepatan yang tinggi pada jalan datar moment yang besar tidak diperlukan lagi, karena moment mesin cukup untuk menggerakkan kendaraan.

MEKANISME PERUBAH MOMENT


Transmisi digunakan untuk mengatasi hal ini dengan cara merubah perbandingan gigi, untuk :
Merubah momen
Merubah kecepatan kendaraan
Memungkinkan kendaraan bergerak mundur
Memungkinkan kendaraan diam saat mesin hidup ( posisi netral )

PERBANDINGAN GIGI


Perbandingan gigi dapat dihitung dengan rumus :

          
 PERBANDINGAN GIGI

Pada Transmisi terdapat dua pasang roda gigi, untuk memperoleh putaran input sahft dan output sahaft yang searah


Pada saat maju


GR = Gear Ratio
PERBANDINGAN GIGI

Pada saat mundur
Untuk menggerakkan kearah mundur, pada gigi transmisi ditambahkan Idle gear, untuk memperoleh putaran inputshaft dan output shaft yang berlawanan

KONSTRUKSI TRANSMISI

Dibawah ini dijelaskan konstruksi transmisi yang digunakan pada kendaraan.
Pada transmisi ini untuk semua kecepatan maju menggunakan synchromesh, sedangkan untuk mundur menggunakan mekanisme Sleedingmesh

GEAR SHIFT CONTROL MECHANISM
Dirct control ( tipe pengontrol langsung )
Keuntungan direct type :
Pemindahan gigi lebih cepat
Pemindahan lebih lembut dan mudah
Posisi pemindah dapat diketahui dengan mudah

GEAR SHIFT CONTROL MECHANISM
Remote control type ( tipe remote control )

Pada tipe ini tuas pemindah terpisah dari tansmisi. Shift control terletak dilantai atau di steering column












MEKANISME PERPINDAHAN GIGI

Slidingmesh type

Pada tipe ini shift arm menggerakkan langsung roda gigi percepatan yang terpasang pada spline main shaft untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antara gigi percepatan dengan countergear

MEKANISME PERPINDAHAN GIGI
Constantmesh type

Pada tipe ini main gear selalu berhubungan dengan gigi pada counter shaft, main gear dilengkapi dengan dog gear yang akan dirhubungkan dengan  sleeve yang terpasang pada output shaft.
Shift arm menggerakkan sleeve agar terjadi perpindahan putaran dari main gear ke main shaft

MEKANISME PERPINDAHAN GIGI
Synchromesh type
Tipe ini mempunyai keuntungan perpindahan giginya lebih halus,
Synchromesh berfungsi untuk menyamakan putaran roda - roda gigi yang akan berhunbungan dengan cara melakukan pengereman.

KONSTRUKSI SYNCHROMESH

Clutch hub terpasang pada spline main shaft dan terdapat 3 buah alur untuk 
    pemasangan shifting key ( insert )
Sleeve dipasang pada spline clutch hub, dan alur pada sleeve dihubungkan pada shift arm
Shifting key ( Insert ) terpasang pada clutch hub dan dipegang oleh key spring dan kedua ujung  shifting key  masuk ke dalam celah synchronizer ring.
Synchronizer ring terletak diantara clutch hub dan dog gear yang bebentuk kerucut, synchronizer ring mempunyai tiga alur untuk penempatan shifting key

MEKANISME PENCEGAH GIGI LONCAT

Pada poros pemindah

Shift shaft mempunyai tiga alur dimana shift detent  ball akan ditekan oleh spring bila transmisi diposisikan masuk gigi & netral
Shift detent mechanism berfungsi untuk mencegah gigi kemabli ke netral dan untuk meyakinkan pengemudi bahwa roda gigi telah berkaitan


Alur – alur pada hub sleeve mempunyai bentuk runcing yang berkaitan dengan dog gear gigi percepatan. Untuk mencegah gigi loncat

22 Responses to "TRANSMISI MANUAL"

  1. gak maksud gan, bukan anak teknik soalnya, he

    ReplyDelete
  2. wah baru tau ane :3
    makasih infonya gan

    ReplyDelete
  3. Wah cocok banget buat anak mesin, nice info!!

    ReplyDelete
  4. aku baru tau tentang hal ini
    jadi nambah ilmu :D makasih infonya

    ReplyDelete
  5. Sekolah di teknik gan ?? Keren bisa bikin gitu

    ReplyDelete
  6. Terimakasih masbro sudah mau berbagi..

    ReplyDelete
  7. Tak bolak balik baca 3 x nggak paham dan ternyata ane skulah nggak di teknik

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata ribet Teknik ribet ya,btw thanks infonya nambah-nambahin pengetahuan teknik

    ReplyDelete
  9. repot nya gan haha tapi seru kayanya
    kunjungan balik ya ke
    Android Aplikasi
    www.android-aplikasi.com :)

    ReplyDelete
  10. sebenarnya saya tidak tahu mengenai otomotif ya tapi saya yakin kalau ini sangat membantu :D hehehe

    ReplyDelete