TRANSMISI MANUAL
Uraian :
Pada
saat kendaraan mulai berjalan atau menanjak, memerlukan moment yang besar untuk
itu dibutuhkan beberapa bentuk mekanisme perubah moment.
Pada
saat kendaraan berjalan pada kecepatan yang tinggi pada jalan datar moment yang
besar tidak diperlukan lagi, karena moment mesin cukup untuk menggerakkan
kendaraan.
MEKANISME PERUBAH MOMENT
Transmisi digunakan
untuk mengatasi hal ini dengan cara merubah perbandingan gigi, untuk :
• Merubah momen
• Merubah kecepatan
kendaraan
• Memungkinkan kendaraan
bergerak mundur
• Memungkinkan kendaraan
diam saat mesin hidup ( posisi netral )
PERBANDINGAN GIGI
Perbandingan
gigi dapat dihitung dengan rumus :
PERBANDINGAN GIGI
Pada
Transmisi terdapat dua pasang roda gigi, untuk memperoleh putaran input sahft
dan output sahaft yang searah
Pada saat maju
GR = Gear Ratio
PERBANDINGAN GIGI
Pada saat mundur
Untuk
menggerakkan kearah mundur, pada gigi transmisi ditambahkan Idle gear, untuk
memperoleh putaran inputshaft dan output shaft yang berlawanan
KONSTRUKSI
TRANSMISI
Dibawah
ini dijelaskan konstruksi transmisi yang digunakan pada kendaraan.
Pada
transmisi ini untuk semua kecepatan maju menggunakan synchromesh, sedangkan
untuk mundur menggunakan mekanisme Sleedingmesh
GEAR
SHIFT CONTROL MECHANISM
Dirct control ( tipe pengontrol langsung )
Keuntungan
direct type :
•Pemindahan gigi lebih
cepat
•Pemindahan lebih lembut
dan mudah
•Posisi pemindah dapat
diketahui dengan mudah
GEAR
SHIFT CONTROL MECHANISM
Remote control type ( tipe remote control )
Pada
tipe ini tuas pemindah terpisah dari tansmisi. Shift control terletak dilantai
atau di steering column
MEKANISME
PERPINDAHAN GIGI
Slidingmesh type
Pada
tipe ini shift arm menggerakkan langsung roda gigi percepatan yang terpasang
pada spline main shaft untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antara gigi
percepatan dengan countergear
MEKANISME
PERPINDAHAN GIGI
Constantmesh type
Pada
tipe ini main gear selalu berhubungan dengan gigi pada counter shaft, main gear
dilengkapi dengan dog gear yang akan dirhubungkan dengan sleeve yang terpasang pada output shaft.
Shift
arm menggerakkan sleeve agar terjadi perpindahan putaran dari main gear ke main
shaft
MEKANISME
PERPINDAHAN GIGI
Synchromesh type
Tipe
ini mempunyai keuntungan perpindahan giginya lebih halus,
Synchromesh
berfungsi untuk menyamakan putaran roda - roda gigi yang akan berhunbungan
dengan cara melakukan pengereman.
KONSTRUKSI SYNCHROMESH
•Clutch hub terpasang
pada spline main shaft dan terdapat 3 buah alur untuk
pemasangan shifting key ( insert )
•Sleeve dipasang pada
spline clutch hub, dan alur pada sleeve dihubungkan pada shift arm
•Shifting key ( Insert )
terpasang pada clutch hub dan dipegang oleh key spring dan kedua ujung shifting key
masuk ke dalam celah synchronizer ring.
•Synchronizer ring
terletak diantara clutch hub dan dog gear yang bebentuk kerucut, synchronizer
ring mempunyai tiga alur untuk penempatan shifting key
MEKANISME PENCEGAH GIGI LONCAT
Pada poros pemindah
Shift
shaft mempunyai tiga alur dimana shift detent
ball akan ditekan oleh spring bila transmisi diposisikan masuk gigi
& netral
Shift
detent mechanism berfungsi untuk mencegah gigi kemabli ke netral dan untuk
meyakinkan pengemudi bahwa roda gigi telah berkaitan
Alur
– alur pada hub sleeve mempunyai bentuk runcing yang berkaitan dengan dog gear
gigi percepatan. Untuk
mencegah gigi loncat
gak maksud gan, bukan anak teknik soalnya, he
ReplyDeletemakasih telah berkunjung.
Deletewah kayanya ane siap balapan nih wkwkw.
Deletenice gan
ReplyDeletemakasih telah berkunjung.
Deletewah bermanfaat banget gan
ReplyDeletemakasih telah berkunjung.
Deletewah baru tau ane :3
ReplyDeletemakasih infonya gan
makasih telah berkunjung
DeleteWah cocok banget buat anak mesin, nice info!!
ReplyDeletemakasih telah berkunjug
Deleteaku baru tau tentang hal ini
ReplyDeletejadi nambah ilmu :D makasih infonya
makasih telah berkunjung
DeleteSekolah di teknik gan ?? Keren bisa bikin gitu
ReplyDeletemakasih telah berkunjung.
DeleteTerimakasih masbro sudah mau berbagi..
ReplyDeletethnks ud sharing om
ReplyDeletewah makasih infonya
ReplyDeleteTak bolak balik baca 3 x nggak paham dan ternyata ane skulah nggak di teknik
ReplyDeleteWah ternyata ribet Teknik ribet ya,btw thanks infonya nambah-nambahin pengetahuan teknik
ReplyDeleterepot nya gan haha tapi seru kayanya
ReplyDeletekunjungan balik ya ke
Android Aplikasi
www.android-aplikasi.com :)
sebenarnya saya tidak tahu mengenai otomotif ya tapi saya yakin kalau ini sangat membantu :D hehehe
ReplyDelete