SISTEM SUSPENSI

SISTEM SUSPENSI
Kegunaaan sistem ini adalah memberikan kelancaran berkendara dengan memberi bantalan road shock dan getaran dan mencegah berpindah ke bodi dan frame.

GETARAN DAN KWALITAS MENGENDARAI
Dalam subyek getaran dan kwalitas mengendarai mobil, terdapat istilah:
Sprung weight   : Berat mobil yang ditumpu oleh pegas suspensi
Unsprung weight  : Berat axle dan bagian – bagian lain yang terletak
    diantara roda – roda dan pegas 

Catatan :
Semakin besar sprung weight semakin baik kwalitas mengendarai 

GETARAN – GETARAN PADA AUTOMOBIL 

 ~ Pitching   : Getaran yang mengakibatkan ujung depan dan belakang                            mobil 
                       bergerak disekitar   titik berat dari kendaraan ( mobil )
~ Rolling        : Gerakan mengayun kesamping
~ Bounching  : Gerakan keatas dan kebawah

SPRING ( PEGAS )

PEGAS DAUN ( LEAF SPRING )

Fungsi
Untuk menghubungkan frame dengan axle dan juga sebagai bantalan penyerap guncangan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan


Konstanta pegas
Sifat bahan berubah bentuk apabila mendapat beban, dan kembali ke bentuk semula bila beban dilepas .Peristiwa tersebut disebut elastisitas  
Besarnya defleksi sebanding dengan gaya yang bekerja.
Perbandingan antara gaya yang bekerja dengan defleksi disebutkonstanta pegas

COIL SPRING

Batang baja panjang yang digulung .
Dibandingkan dengan leaf spring, coil spring lebih panjang sehingga mempunyai tahanan yang lebih baik  terhadap kejutan, tidak terdapat gesekan bila terjadi deflexi, sehingga dapat memberikan kenyamanan yang lebih baik.
Coil spring tidak memiliki sifat menyerap kejutan, yang cukup dan tidak dapat menjamin poros dengan sendirinya.

Konstanta pegas
Apabila gaya yang bekerja   = W
Besarnya defleksi   = A
Tinggi bebas  = L
Maka konstanta pegas  = W/A 

HELPER SPRING
Helper spring adalah pegas tambahan yang dipasangkan diatas pegas utama pada truck da kendaraan angkutan berat.
Helper spring bekerja bersamasama dengan pegas utama, apabila kendaraan mendapat beban diatas jumlah spesifikasi

HOLLOW SPRING
Hollow spring adalah potongan karet yang berlubang ditengah dan dibaut pada bagian atas axle, kontrol arm atau pada bagian frame yang terletak diatas.
Saat lubang tertutup dan udara terperangkap pada lubang tersebut berfungsi sebagai pegas
Hollow spring umumnya digunakan sebagai pegas tambahan untuk melindungi frame dari benturan pegas

AIR SUSPENSION
Bellow yang berisi udara dipasangkan pada tempat dimana biasanya ditempatkan pegas daun atau pegas ulir, untuk menjamin berat kendaraan. Aksi penyerapan dihasilkan oleh elastisitas udara kompresi didalam bellow dan ruang udara tambahan. Kekerasan pegas dapat berubah – ubah sesuai dengan beban

JENIS – JENIS SUSPENSI
SUSPENSI MODEL RIGID DENGAN PEGAS DAUN
Pada suspensi model rigid rodaroda terpasang pada satu poros dan dipasangkan ke body melalui pegas

Keuntungan :
Konstruksi sederhana dan kuat
Perubahan tread atau chamber yang disebabkan oleh gerakan axle kecil

Kerugian :
~ Kwalitas mengendarai serta tabilitas kemudi kurang
~ Kecenderungan terjadi gerakan horizontal

SUSPENSI MODEL RIGID DENGAN PEGAS ULIR 

SUSPENSI MODEL INDEPENDENT

Pada suspensi model independent, roda kiri dan kanan tidak dipasangkan pada satu poros, melainkan pada masingmasing axle, sehingga bekerja sendirisendiri dalam menyerap goncangan. Atau disebut “ knee action “

Keuntungan :
Kwalitas mengendarai lebih baik
Memiliki kemampuan singgung jalan yang lebih baik ( rod holding )

Kerugian :
Konstruksi rumit

MACAM – MACAM SUSPENSI INDEPENDENT

MODEL WISHBONE DENGAN PEGAS COIL
Konstruksinya :
Upper Arm, Lower Arm, Knuckle membentuk segi empat dengan coil spring dan shock ditengahnya


TORSION SPRING
Bila sebuah batang baja, ujung yang satu diikat dengan kuat pada batang yang diam, ujung lainnya diikat pada arm, maka apabila arm bergerak turun dan naik, maka batang baja ini akan cenderung menahan gearakan tadi.
Dengan demikian timbul efek penyerapan seperti pegas daun ( leaf spring ) atau pegas ulir ( coil spring )

MACHPERSON SUSPENSION
Suspensi model machperson tidak memiliki upper arm, sehingga konstruksinya sederhana dan tidak diperlukan penyetelan “ FRONT WHEEL ALIGMENT “ kecuali “ TOE “
SHOCK ABSORBER ( PEREDAM KEJUT )
Fungsi pegas adalah untuk mencegah tumbukan yang diterima oleh roda diteruskan ke body kendaraan
Tapi tanpa adanya peredam kejut jalannya kendaraan menjadi buruk.
Shock absorber berfungsi untuk menyerap kelebihan elastisitas pegas yang cenderung berayun – ayun.

Prinsip kerja Shock absorber ( peredam kejut )
Jenis aksi langsung ( direct acting type )
Pada peredam kejut mengerut, piston didalam silinder meluncur dan mendorong minyak yang ada dibawah piston, minyak akan berpindah keatas melalui orifice, dengan adanya tahanan pada orifice maka elastisitas pegas tertahan. Demikian pula sebaliknya.

CARA KERJA SHOCK ABSORBER
JENIS DUCARBON
Shock absorber jenis ini berisi gas tekanan tinggi yang memiliki sifat peredam yang sangat stabil.
Keuntungan jenis ducarbon
Radiasi panasnya baik karena tabungnya single
Tidak terjadi kejutan hidrolis saat terjadi perubahan gerakan
Tidak terjadi suara mendesis apabila minyak mengalir  
    melaui katup ( orifice )
STABILIZER
Fungsi :
Untuk mencegah kendaraan melayang pada saat belok.
STRUT BAR ( BATANG PENOPANG )
Fungsi :
Untuk menopang lower arm agar tidak bergerak kedepan dan kebelakang pada saat kendaraan berjalan
SUSPENSI BELAKANG MODEL RIGID DENGAN PEGAS DAUN
SUSPENSI BELAKANG MODEL RIGID DENGAN PEGAS ULIR
SUSPENSI BELAKANG JENIS INDEPENDENT

10 Responses to "SISTEM SUSPENSI"

  1. Nice info gan, nambah wawasan :D

    ReplyDelete
  2. Jadi nambah ilmu gan soalnya ane jurusan otomoif hehe

    ReplyDelete
  3. Keren sob pengetahuannya cakepp deeh

    ReplyDelete
  4. Menambah wawasan gan. Ane dulu malah belum tahu sistem suspensi itu apa

    ReplyDelete
  5. Makasih infonya gan, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. Tambahan Ilmu nih , walaupun agak sembrawut

    ReplyDelete
  7. Makasih gan jadi tau fungsi stabilizer

    ReplyDelete
  8. jadi makin berilmu baca ini :D mampir gan di artikel kesehatan ane daraputih.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Bermanfaat infonya.. jadi tau komponen suspensi. Mampir ke blog ane juga ya :D

    ReplyDelete