KOPLING
POWER
TRAIN
Mekanisme yang
meneruskan tenaga dari mesin ke rode
disebut
power train.
Drive
Train
Mekanisme pemindah
tenaga yang dihasilkan oleh mesin disebut dengan POWER TRAIN “
Mekanisme ini terdiri
dari :
•Kopling ( clutch )
•Transmisi
•Propeller shaft
•Differential
•Axle & Drive shaft
Clutch
( kopling )
Letak : Antara mesin dan Transmisi
Fungsi : Untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke
transmisi
Syarat :
•Dapat mengubungkan
putaran mesin ke transmisi dengan lembut
•Dapat memindahkan tenaga
mesin ke transmisi tanpa slip
•Dapat memutuskan
hubungan dengan cepat dan sempurna
Clutch cover tipe coil spring
Keuntungan :
• Penekanan terhadap
plat kopling kuat
•
Kerugian :
• Tenaga untuk
menekan plat kopling berat
• Konstruksinya rumit
sehingga harganya mahal
Mekanisme
penggerak
Kopling
mekanis ( mechanical clutch )
Gerak
bebas pedal adalah jarak antara diaprahgma dan bantalan pembebas
Clutch
cover ( tutup kopling )
Clutch cover model diaphragm
• Tenaga penekanan
ringan
• Penekanan plat
kopling lebih merata
• Tenaga pegas tidak
berkurang oleh adanya gaya
sentrifugal
Kerugian :
• Penekanan terhadap
plat kopling
lebih kecil
Disc
clutch ( plat kopling )
Fungsi
:
•Facing bidang gesek untuk meneruskan tenaga putar dari mesin ke transmisi
•Cushion plate untuk
memperlembut saat kopling berhubungan
•Torsion damper untuk
meredam kejutan saat kopling berhubungan
Mekanisme
penggerak
Kopling
hidraulis ( hydraulic clutch )
Pada
tipe ini gerakan pedal kopling dirubah menjadi tekanan hidraulis oleh master
cylinder yang kemudian diteruskan ke release fork melalui release cylinder
Master
silinder kopling
Fungsi
:
Untuk
menghasilkan tenakan hydrolis
Silinder
pembebas kopling ( clutch release cylinder )
Fungsi :
Untuk
meneruskan tenaga dari master cylinder mendorong release fork
Kopling
otomatis ( torque converter )
Catatan :
Hanya
digunakan pada kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi otomatis
Wah muantapp infonya jadi tau nih terima kasih ya.
ReplyDeletemakasih Telah Berkunjung.
DeleteMantap masbro, sangat bermanfaat artikelnya..
ReplyDeletemakasih Telah berkunjung
Deletemantap gan, blog tentang otomotif, bisa buat materi pembelajaran, jarang2 blog otomotif, kbanyakan blog tentang komputer
ReplyDeletemakasih telah berkunjung
DeleteWaah bermanfaat banget nih buat otomania :D
ReplyDeleteMakasih Telah Berkunjung
Deleteini nih yang ane jarang nemu artikel sama blog kaya gini thanks infonya
ReplyDeletethanks infonya
ReplyDeletelengkap banget ada gambarnya lagi thx yaa
ReplyDelete