BMW i8 Belum Siap Hadir di Indonesia.


BMW i8 Belum Siap Hadir di  Indonesia.




 pada ajang Indonesia International Motor Sport (IIMS) tahun 2014 lalu, BMW Group Indonesia sempat menghadirkan model i8. Model i8 itu sendiri sebetulnya saat itu tidak untuk dijual. Sedan sport hybrid tersebut hadir hanya untuk dipamerkan saja kepada masyarakat Tanah Air.


Memang, jika melihat respon masyarakat saat itu sedan sport BMW i8 cukup mendapatkan respon baik. Namun, Jodie O’tania selaku Corporate Communications Departement BMW Group Indonesia seperti yang dirangkum dari halaman KompasOtomotif, Jumat (20/05/2016) mengatakan bahwa tetap saja hingga sekarang belum bisa dijual secara umum, karena masih banyak hal yang harus dilakukan, terutama infrastruktur, baik secara internal maupun eksternal.


“Karena kendaraan ini tidak semudah model lain, kita butuh menjelaskan kepada konsumen lebih jelas mengenai produk ini. Karena teknologinya sangat tinggi, jadi kita perlahan membangun kesadaran masyarakat dulu,” Ujar Jodie.


Pihaknya lalu melanjutkan, bahwa untuk BMW i8 sendiri, Jodie menegaskan jika model ini diibaratkan seperti sebuah ekosistem yang harus didukung dengan infrastruktur yang kuat. Sehingga, jika berbicara inovasi teknologi, tentu membutuhkan waktu yang cukup panjang.


Jika ditanyakan kapan model ini akan mulai dijual di Indonesia, maka jawabannya adalah tunggu saja tanggal mainnya. Hal ini, karena yang menjadi masalah bukan hanya infrastrukturnya saja, tetapi pihak BMW juga membutuhkan peraturan yang lebih jelas mengenai kendaraan hibrida atau listrik. Selain itu, tenaga ahli juga snagat dibutuhkan untuk menangani mobil ini nantinya.


Sebagai informasi, BMW i8 tersebut merupakan sedan sport. Untuk segi desain, aura sporty sangat terlihat. Hal itu terlihat dari lekukan tubuhnya yang kental dengan karakter mobil sport. Salah satunya adalah pengadopsian model pintu gunting (gullwing).


Tampilan luar makin terlihat ciamik kala day time running light (DRL) LED bersemayam di lampu utama. BMW i8 sendiri memiliki dimensi panjang 184 inci, lebar 76 inci dan tinggi 50 inci.


Sektor jantung mekanis menjadi poin penting dari sedan premium ini. Pasalnya, teknologi canggih telah tersemat di dalamnya.


BMW i8 mengadopsi mesin bensin 1.5 liter 3 silinder yang mampu menyemburkan tenaga 231 hp. Mesin tersebut dipadu dengan motor listrik berkekuatan 131 hp. Apabila digabungkan, mesin tersebut mampu memproduksi tenaga hingga 362 hp.


Mesin bensin dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan, sementara motor listrik mampu menggerakan roda depan melalui  girboks two-stage otomatis.


BMW mengklaim, sedan sport hybrid-nya ini mampu berakselerasi dari 0-100km/jam dalam waktu 4,5 detik, sementara kecepatan tertingginya mencapai 250 km/jam.


Jikapun mobil ini didatangkan dan dijual di Indonesia, masih belum bisa diprediksi akan sampai seberapa mahal harganya. Hal ini karena kendaraans edan akan terkena pajak barang mewah terlebih lagi menggunakan mesin hybrid. Jika di daratan Eropa, kendaraan ini dijual seharga Rp1,59 miliar plus pajak dan biaya lainnya sehingga total konsumen harus mengeluarkan biaya Rp2,76 miliar. Baca juga Diproduksi Lokal, Harga Jual BMW Tak Beda Jauh dengan CBU dan BMW Group Indonesia Mendapat Kepercayaan dari BMW



3 Responses to "BMW i8 Belum Siap Hadir di Indonesia."